kursor

Jumat, 14 April 2017

Makalah Sejarah Komputer



TUGAS MAKALAH
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER


Sebagai Salah Satu Tugas Dari Mata Kuliah
Interaksi Komputer Dan Manusia Program Studi DIII Teknik Komputer

Dosen Pengampu
M. Humam, M.kom

Disusn Oleh :

                                        Mukhamad Sarifudin           NIM    : 1504E137




PROGRAM STUDI DII TEKNIK KOMPUTER
POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL
2017


BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang Masalah
Pengertian Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan di organisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di
dalam memori. Komputer sering kali di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari baik di gunakan untuk meringankan pekerjaan, sebagai hiburan maupun untuk bekerja. Komputer telah merambah ke berbagai sektor dalam kehidupan kita, tidak saja digunakan oleh orang kantoran, akademisi, mahasiswa, anak-anakpun sudah terbiasa dengan alat elektronik ini. Karena perkembangan teknologi yang semakin maju maka dapat mengoprasikan sebuah komputer merupakan salah satu tuntutan yang wajib untuk kita agar nantinya kita tidak gaptek dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berbicara mengenai computer, tidak lepas dari sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi itu sendiri. Banyaknya para pakar yang berusaha untuk menghadirkan computer terbaik yang dapat digunakan manusia selama bartahun-tahun sehingga terciptalah computer yang praktis dan minimalis sehingga dapat memudahkan kerja manusia.

1.2         Rumusan Masalah
Dari latar belakang masalah tersebut maka penyusun dapat merumuskan suatu masalah, yaitu :
a.    Bagaimana sejarah perkembangan computer dari generasi ke generasi?
b.    Jelaskan perkembangn computer dari masing-masing generasi?

1.3         Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Interaksi Komputer Dan Manusia .



BAB II
PEMBAHASAN

2.1         Sejarah Komputer
Dalam situs Computer science Lab pada artikel Ilustrasi sejarah komputer menyebutkan bahwa istilah komputer dikaitkan dengan sebuah profesi pekerjaan sebagaimana istilah mesin mekanik komputer saat ini karena mesin ini melakukan pekerjaan yang sebelumnya telah diberikan kepada orang-orang yang awalnya nama pekerjaan, sejarah istilah komputer ini digunakan untuk menggambarkan mereka  (manusia terutama perempuan) yang tugasnya melakukan perhitungan berulang yang diperlukan untuk menghitung hal-hal seperti tabel navigasi, grafik naik turun dan posisi planet untuk almanak astronomi.
Bayangkan jika  Anda memiliki pekerjaan seperti ini di mana jam demi jam, hari demi hari, hanya untuk melakukan perghitungan dan perkalian. tentunya rasa bosan akan timbul dengan cepat dan memicu kecerobohan yang mengarah pada kesalahan. Oleh karena itu dalam sejarah komputer disebutkan bahwa selama ribuan tahun orang telah memikirkan untuk alat mekanik yang dapat melakukan tugas perhitungan yang akurat dan dapat bekerja dengan cepat.
Ada yang menyebutkan bahwa Sejarah Komputer berawal dari 5000 tahun yang lalu ketika ditemukannya alat hitung pertama.  Alat ini disebut abakus atau sempoa. Alat hitung ini ditemukan pertama kali dalam sejarah Babilonia kuno, berbentuk belahan papan diatasnya ditaburi pasir sehingga orang bisa menulis atau menghitung. Oleh karena itu maka  alat ini disebut abakus, asal kata dari bahasa Yunani ABACOS, artinya menghapus debu. Oleh bangsa Cina mengembangkan abakus ini menjadi 2 bagian. Pada terali  atas dimasukkan 2 bijian  dan 5 bijian  pada terali  bawah. bentuk inilah yang yang populer hingga saat ini untuk melakukan perhitungan aritmatika.  sampai  saat ini  penemuan Abakus atau sempoa ini dapat dianggap sebagai awal mula Sejarah Komputer.
Ada pula sumber yang mengatakan bahwa Sejarah Komputer itu bermula sejak ditemukannya alat mekanik dan elektronik untuk proses olah data telah dilakukan seiring ditemukannya alat-alat mekanika dan elektronika (mechanical and electronic) untuk membantu dalam perhitungan yang cepat. Dari awal dimulainya Sejarah perkembangan Komputer hingga  pengembangan perangkat modern seperti yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi dari penemuan alat  mekanik dan elektronik.
Entah mana yang benar sejarah komputer bermula darimana,  yang jelas saat ini komputer tidak lagi sebagai alat hitung biasa, namun telah memasuki ke segala aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa namu bisa dimanfaatkan diberbagai bidang pekerjaan, lihat saja penggunaan komputer dibidang kedokteran, misalnya USG CT Scan dan lainya, di super-super market digunakan di kasir untuk melakukan billing dengan alat pembaca barcode.
Sejarah Komputer mekanik diawali oleh penemuan Blaise Pascal  (1623-1662.), Pada tahun 1642, yang pada waktu itu Blaise Pascal  baru saja memasuki remaja diusia 18 tahun, yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheelcalculator) untuk membantu ayahnya dalam melakukan penghitungan pajak. Kotak kuningan ini yang disebut Pascaline, mempergunakan roda putar bergerigi  sebanyak delapan buah, digunakan  untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya jika perhitungan sudah melebihi 10 digit angka. Dalam Tokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer menyebut Blaise Pascal adalah orang yang berjasa karena menemukan ide pertama untuk komputer digital.
pada Tahun 1694, seorang saintis matematika dan filosof Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan  Pascaline dengan membuat mesin yang mampu melakukan operasi perkalian. Sama seperti pendahulunya, alat ini tetap bekerja menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari  maha karya Pascal, Leibniz mampu menyempurnakan alatnya.
Dalam Catatan Sejarah Komputer juga menyebut nama Charles Xavier Thomas de Colmar di tahun 1820, menciptakan mesin yang memiliki kemampuan melakukan pengoperasian empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu mengukir dengan tinta emas pada Sejarah perkembangan komputer dengan membangun era komputasi mekanikal.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgLvY-ILjhwzjmV2qPsBK68l6d4TeNbn5qhVNF8eoE02PoJCRxK2y4oGM_cP3YljEEzuhdYNnDkQ5PHYkqtKPtqcWvyQnNa3bQE-YElS5SRKRbsjHpz3OwCWJtDDxu_ApkeYdV8ihVdFfFJ/s1600/Captureaaaa.jpg
Gambar 1. (Babagge dan karyanya Mesin differensial)

Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) seorang profesor matematika berkewarga negaraan Inggris,  telah mengakeslarasi kemajuan Komputer dari abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan piranti ini di bidang hardware dengan menemukan sebuah difference engine yang memungkinkan perhitungan tabel matematika. Menurut catatan Sejarah Komputer,  Babbage menemukan ide mengenai analytical engine pada tahun 1834, ketika bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Orang-orang yang pesimis menyebut penemuannya dengan nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage). Babbage bekerja dengan mesin penganalisanya hingga meninggal. Charles Babbage, memperhatikan keserasian alam antara mesin mekanik dan matematika yaitu mesin mekanik sangat cocok dalam melakukkan tugas yang sama dan berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika memerlukan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu, mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial dengan memakai daya tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Penemuan Babbage dan Pemikiran-pemikirannya yang terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik  Komputer elektronik modern. Penemuan Babbage ini merupan tonggak sejarah komputer modern.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama satu dekade, kemudian Babbage terinspirasi untuk  membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, dalam pembuatan mesin ini Augusta Ada King (1815-1842) mepunyai peran penting karena telan membantu merevisi rencana dan  mencari pendanaan dari pemerintah Kerajaan Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk di input ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer perempuan pertama. pada tahun 1980, DoD atau Departemen Pertahanan, Pentagon USA menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan pada Babbage.
Mesin uap Babbage tidak pernah rampung dikerjakan, kelihatan sangat sederhana jika  dibandingkan dengan standarisasi mesin sekarang ini. Meskipun demikian, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, Basic desain dari Analytical Engine mempergunakan Punched Card (berlubang-lubang) yang memuat  instruksi operasi bagi mesin itu.
Penggunaan alat prosessing Data Otomatis oleh The U.S. Bureau of Cencus tidak  merampungkan sensus dari tahun 1880 sampai di  tahun 1888. Pemimpin Bureau lalu menghentikan hal itu sebelum mencapai 10 tahunan. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang pakar statistik memanfaatkan kepiawaiannya dalam menggunakan punched-card untuk sensus di tahun 1890. Dengan pemrosesan punched-card dan mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus dapat dirampungkan dalam waktu 2,5 tahun. pada saat  itulah  dimulainya pemrosesan data secara otomatis yang di torehkan dalam sejarah perkembangan computer.
Dari awal Sejarah Komputer seperti disebut di awal artikel diatas, dengan ditemukannyanya abakus sebagai alat hitung biasa, sampai memasuki Komputer generasi pertama sebagai tonggak sejarah komputer modern dari 6 dekade yang lalu. Perkembangan komputer hingga saat ini sudah memasuki komputer generasi kelima.

2.1.1   Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama.
Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “Bahasa Mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “Machine Language”. Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data.
Ciri-ciri komputer generasi pertama :
1)    Silinder magnetik untuk menyimpan data
2)    Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
3)    Kapasitas penyimpanan kecil.
4)    Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
5)    Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
6)    Cepat panas.
7)    Proses kurang cepat.
8)    Memerlukan dya listrik yang besar.
9)    Orientasi pada aplikasi bisnis.




Berikut ini adalah beberapa contoh computer yang lahir pada generasi pertama adalah sebagai berikut:
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMtuwCpBr9eM7IqaAskIooteS19wzvzNIVwg0oZfdQUVIJkrTvIvKSSMMfwgUNe-yVPb6ADzcrLm3WqjIgTJQWfb-HlAjGi_T1tQWI-Ndvh7qlB9XfZHFUu1DgoOWeqpK5YW1bAEubJWel/s1600/Contoh-Komputer-Generasi-Pertama-Z3.jpg

Gambar 1. (Contoh Computer Generasi Pertama Z3)

Z3 dibuat oleh Konrad Zuse dari Jerman pada tahun 1941. Computer ini digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali pada perang dunia kedua.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEis-xGdNaAYaUsfQqZlYqfqkjQUMk6txUT-x2JN1Km3b69LqTxMk3IRPpSlDf7-OIP9Z2DN_L5m4jVk6nSS3CiKmmk0oB7YCdBQ6hbnpiv5yNYc6oMlGjklGrXqT2kPWcqaaB5gfojE-sfL/s1600/Contoh-Komputer-Generasi-Pertama-Colossusaa.jpg

Gambar 2. (Contoh computer generasi pertama Colossus)

Colossus dibuat di Negara Inggris pada tahun 1943, yang dulunya digunakan untuk memecahkan kode rahasia buatan Jerman.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjgYERQRDUyHaXoGXsiEoAbeQxyI0_eM0IWeITD-nt4ByfOyVBBQTlnv9EyGncmZYmTXQ7Du5q6mQL8yAuM_4EbGs2DNMAFHzzV0Ah1rj3gHy39zmUopQRtRITsqiEhgMj4pVePijgdymJH/s1600/Contoh-Komputer-Generasi-Pertama-Mark-1jj.jpg

Gambar 3. (Contoh computer generasi pertama Mark 1)

The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, computer ini dibuat di Negara Amerika melalui tangan Ir. Harvard, Howard H. Aiken. Ukuran panjangnya setengan lapangan sepak bola. Renteng kabel hingga 500 Mil. Computer ini biasa dikenal juga dengan sebutan Mark 1.

2.1.2   Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kedua
Ditemukannya Transistor transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Tube vakum terganti oleh transistor pada radio, televisi dan komputer. hal ini menyebabkan ukuran mesin-mesin elektrik diperkecil, karena penggunaan tabung telah digantikan oleh transistor dan diode Vakum meskipun sifatnya sangat  mudah terbakar. Cara baru untuk menyimpan memori  yaitu  inti  Magnetik diperkenalkan. Alat ini menggunakan kawat  halus yang dililit. Kemampuan pengelolaan lebih besar. Dan mulai menggunakan bahasa pemrograman level tinggi yaitu dengan  FOTRAN (1954) dan COBOL (1959) untuk menggantikan bahasa mesin. Minikomputer dihasilkan yang hemat energi dan harganya pun lebih murah dan lebih kecil dibandingkan  dengan komputer terdahulu. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah super komputer yang bernama LARC dibuat Sprery-Rand dan kompputer yang bernama Stretch diciptakan oleh IBM. Komputer- komputer ini, yang dikembangkan untuk lab. energi atom, adan dapat menangani sebagian besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.

Ciri-ciri komputer Generasi kedua :
1)   Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
2)   Berorientasi pada bisnis dan teknik.
3)   Tidak terlalu banyak mengeluarkan panas.
4)   Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
5)   Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
6)   Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
7)   Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)

2.1.3   Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Ketiga
Perkembangan komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga :
1)   Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara keseluruhan
2)   Sudah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
3)   Kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
4)   Peningkatan dari sisi software.
5)   Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
6)   Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
7)   Pemakaian listrik lebih hemat dan lebih efisien.
8)   Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.

2.1.4   Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Keempat
Komputer generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi III dan perbedaanya adalah IC pada generasi empat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Ciri-ciri komputer Generasi keempat :
1)   Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori computer.
2)   Penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip.

2.1.5   Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Kelima
Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

Ciri-ciri komputer Generasi kelima
1)   Mempunyai desain yang lebih kecil
2)   Pengembangan VLSI ( Very Large Scale Integration) 
3)   Pengembangan  Josephson Junction
4)   Dapat menterjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dapat melakukan diagnosa penyakit yang lebih akurat.

Demikian adalah sejarah perkembangan computer dari generasi pertama hingga saat ini yang memiliki fungsi masing-masing antar generasi tersebut sehingga tercipta komputer yang dapat melakukan semua fungsi dari lima generasi diatas tadi yaitu computer yang biasa kita gunakan sasat ini. Kemudahan dan kecanggihan yang dihasilkan dari computer masa kini adalah tujuan utama para produsen computer ternama saat ini guna untuk memudahkan kinerja manusia. Dan tercipta pula computer mini yang dapat dibawa kemana-mana oleh penggunanya yang biasa disebut dengan nama Laptop. Laptop adalah computer terbaik dan tercanggih yang dapat digunakan dimanapun dan kapanpun, selagi tidak Low Battery.
BAB III
PENUTUP

3.1         Kesimpulan
Adanya perbedaan perkembangan computer dari generasi ke generasi akan selalu membaik hingga saat ini. Banyaknya produsen dengan merek ternama di dunia yang berlomba menghadirkan kecanggihan dari kinerja computer yang dapat memudahkan kerja manusia.

3.2         Saran
Bersamaan dengan terbitnya makalah ini maka penyusun berpesan kepada para pemabaca untuk dapat menggunakan computer dengan semestinya atau jangan berlebihan, karena ada batasan maksimum computer dihidupkan dalam satu hari.




DAFTAR PUSTAKA

Abadi, Iskandar. 2014. Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama Sampai Sekarang (http://www.indoza*com/2014/03/sejarah-perkembangan-komputer-generasi.html) 19 Oktober 2014 Jam 20.30 WITA
http://edhay76.blogspot.co.id/2014/10/makalah-komputer-sejarah-komputer_30.html

Selasa, 11 April 2017

Pengertian Bahasa Rakitan, Kegunaan Serta Contoh Dari Bahasa Perakitan

Pengertian Dan Kegunaan Bahasa Rakitan Beserta Contoh Bahasa Rakitan.





Bahasa pemrograman generasi kedua adalah bahasa assembly. Bahasa rakitan (bahasa Inggris: assembly language) adalah bahasa pemrograman komputer tingkat rendah. Bahasa assembly merupakan notasi untuk bahasa mesin yang dapat dibaca oleh manusia dan berbeda-beda tergantung dari arsitektur komputer yang digunakan.
            Berbeda dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi, bahasa assembly atau rakitan biasanya memiliki hubungan 1-1 dengan instruksi bahasa mesin. Misalnya, tiap julukan (mnemonic) yang ditulis di program dengan bahasa rakitan akan diterjemahkan menjadi tepat satu kode operasi yang dapat dimengerti langsung oleh komputer. Pada bahasa tingkat tinggi, satu perintah dapat diterjemahkan menjadi beberapa kode operasi dalam bahasa mesin. Proses pengubahan bahasa rakitan ke bahasa mesin dilakukan oleh assembler, dan proses balikannya dilakukan oleh disassembler.
Setiap arsitektur komputer memiliki bahasa mesin yang berbeda-beda sehingga bahasa rakitannya pun berbeda-beda.(dna)
Pemrograman AT89S51 bahasa Assembly
            Bahasa Assembly adalah bahasa pemrograman tingkat rendah. Dalam pemrograman komputer dikenal dua jenis tingkatan bahasa, jenis yang pertama adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan jenis yang kedua adalah bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language).
            Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih berorientasi kepada manusia yaitu bagaimana agar pernyataan-pernyataan yang ada dalam program mudah ditulis dan dimengerti oleh manusia. Sedangkan bahasa tingkat rendah lebih berorientasi ke mesin, yaitu bagaimana agar komputer dapat langsung mengintepretasikan pernyataan-pernyataan program.
Kelebihan Bahasa Assembly:
1. Ketika di-compile lebih kecil ukuran
2. Lebih efisien/hemat memori
3. Lebih cepat dieksekusi
Kesulitan Bahasa Assembly:
1. Dalam melakukan suatu pekerjaan, baris program relatif lebih panjang dibanding bahasa tingkat tinggi
2. Relatif lebih sulit untuk dipahami terutama jika jumlah baris sudah terlalu banyak
3. Lebih sulit dalam melakukan pekerjaan rumit, misalnya operasi matematis

BAHASA ASSEMBLY MCS-51
Dalam program bahasa assembly terdapat 2 jenis yang kita tulis dalam program yaitu:
1. Assembly Directive (yaitu merupakan kode yang menjadi arahan bagi assembler/compiler untuk menata program)
2. Instruksi (yaitu kode yang harus dieksekusi oleh CPU mikrokontroler)
Klik disini untuk melihat daftar Assembly Directive dan Instruksi MCS-51.

PENGGUNAAN SOFTWARE
Software untuk membantu memprogram mikrokontroler MCS-51 sudah banyak tersedia. Untuk mempermudah maka dapat dipilih software yang merupakan Integrated Development Environment (IDE) yaitu software yang merupakan editor sekaligus compiler. Bahkan juga ada yang sekaligus debugger dan simulator. Salah satunya yang digunakan pada training di PRASIMAX adalah Read51.


KEGUNAAN BAHASA ASSEMBLY

Fungsi bahasa pemrograman yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dll.
Bahasa Pemrograman yang kita kenal ada banyak sekali di belahan dunia, tentang ilmu komputer dan teknologi dewasa ini. Perkembangannya mengikuti tingginya inovasi yang dilakukan dalam dunia teknologi. Contoh bahasa pemrograman yang kita kenal antara lain adalah untuk membuat aplikasi game, antivirus, web, dan teknologi lainnya.
Bahasa pemrograman komputer yang kita kenal antara lain adalah Java, Visual Basic, C++, C, Cobol, PHP, .Net, dan ratusan bahasa lainnya. Namun tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.
Secara umum bahasa pemrograman terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu :
·         Object Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
·         High Level Language (seperti Pascal dan Basic)
·         Middle Level Language (seperti bahasa C), dan
·         Low Level Language (seperti bahasa Assembly)



CONTOH BAHASA ASSEMBLY

Berikut ini contoh program menggunakan Bahasa Assembly
.MODEL SMALL
.CODE
ORG 100H
  
AWAL:   
    MOV CL,30H                                   
    JMP PROSES
    KAL0 DB 'Ketikkan satu kalimat:$'
    KAL1 DB 13,10,'Kalimat yang diinput adalah:$'
    KAL2 DB 13,10,'Cetak dari belakang:$',13,10 
    KAL3 DB 13,10,'panjang string adalah:$'
    KALX DB 13,10,'$'
    KAL4 DB 13,10,'Jumlah Huruf Vokal:$' 
    KAL5 DB 13,10,'Jumlah Huruf Konsonan:$'
    KATA DB 20,?,20 DUP (?)                  
    


   
VOKAL:  INC CL                   
        JMP PLUS                       
       

                         
PROSES:           
    ;============= CETAK STRING ================
   
    MOV AH,09H
    MOV DX,OFFSET KAL0
    INT 21H 
   
   
    ;============= INPUT STRING ================
   
    MOV AH,0AH
    LEA DX,KATA
    INT 21H
   
    ;============= CETAK STRING ================
   
    MOV AH,09H
    MOV DX,OFFSET KAL1
    INT 21H
   
    ;============ CETAK VARIABEL STRING DG MODEL COMPARASI ==========
   
    MOV BX,OFFSET KATA+2       
   
   
CETAK:
    MOV DL,[BX]                   
    CMP DL,0DH                   
    JE BELAKANG                   
       
    MOV AH,02H
    INT 21H
   
        CMP DL,'a'
        JE VOKAL  
        CMP DL,'i'
        JE VOKAL
        CMP DL,'u'
        JE VOKAL
        CMP DL,'e'
        JE VOKAL
        CMP DL,'o'
        JE VOKAL
        CMP DL,'A'
        JE VOKAL
        CMP DL,'I'
        JE VOKAL
        CMP DL,'U'
        JE VOKAL
        CMP DL,'E'
        JE VOKAL
        CMP DL,'O'
        JE VOKAL
       
PLUS:INC BX
     JMP CETAK   
  
    ;============= CETAK KATA DARI BELAKANG ==================

BELAKANG:MOV AH,09H
         MOV DX,OFFSET KAL2
         INT 21H  
         MOV AH,09H
         MOV DX,OFFSET KALX           
         INT 21H                    

CETAK1:   
    MOV DL,[BX]                   
    CMP DL,KATA+1               
    JE VOKAL1                  
                    
    MOV AH,02H   
    INT 21H
    DEC BX
    JMP CETAK1
     
           
    ;============ CETAK JUMLAH VOKAL ================
   
VOKAL1:
    MOV AH,09H
    MOV DX,OFFSET KAL4
    INT 21H
   
    MOV DL,CL
    ;ADD DL,30H
    MOV AH,02H
    INT 21H
   
                  
    ;============ CETAK JUMLAH KONSONAN ===============
   
KONSONAN:
    MOV AH,09H
    MOV DX,OFFSET KAL5
    INT 21H
  
    MOV BX,OFFSET KATA+1       
    MOV DL,[BX]                
    ADD DL,30H                   
    SUB DL,CL                   
    ADD DL,30H                   
    MOV AH,02H
    INT 21H 
   
   
    ;============= CETAK PANJANG STRING ================
   
AKHIR:
    MOV AH,09H
    MOV DX,OFFSET KAL3
    INT 21H
   
    MOV BX,OFFSET KATA+1
    MOV DL,[BX]
    ADD DL,30H
    MOV AH,02H
    INT 21H 
           
SELESAI:
    INT 20H
   
END AWAL


Pengertian Bahasa Assembly

  Assalamu'alaikum wr.wb.
Alhamdulillah baru nongol lagi di mari...hehehe setelah sekian lama hibernasi....
untuk kesempatan kali ini saya mau bagiin salah satu Postingan karena tugas dari dosen untuk mata kuliah Bahasa Assembly... 
Disini saya mau ngejelasin sedikit pengertian dan tuturial mengenai Bahasa Assembly...Jujur saya sendiri sedikit pusing kalau mengenai mata kuliah ini eheheh... Afwan Pak Dosen....
langsung saja kita mulai...
Bahasa Assembly ( Rakitan ) adalah bahasa pemrograman tingkat rendah. Dalam pemrograman komputer dikenal dua jenis tingkatan bahasa, jenis yang pertama adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) dan jenis yang kedua adalah bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language).

Bahasa pemrograman tingkat tinggi lebih berorientasi kepada manusia yaitu bagaimana agar pernyataan-pernyataan yang ada dalam program mudah ditulis dan dimengerti oleh manusia. Sedangkan bahasa tingkat rendah lebih berorientasi ke mesin, yaitu bagaimana agar komputer dapat langsung mengintepretasikan pernyataan-pernyataan program.

Kelebihan Bahasa Assembly:
1. Ketika di-compile lebih kecil ukuran
2. Lebih efisien/hemat memori
3. Lebih cepat dieksekusi

Kesulitan Bahasa Assembly:
1. Dalam melakukan suatu pekerjaan, baris program relatif lebih panjang dibanding bahasa  tingkat tinggi
2. Relatif lebih sulit untuk dipahami terutama jika jumlah baris sudah terlalu banyak
3. Lebih sulit dalam melakukan pekerjaan rumit, misalnya operasi matematis
Untuk membuat program dari assembly, kita memerlukan tiga aplikasi, yaitu TASM, TLINK, RTM. Bagi yang belum memilikinya bisa mendownloadnya disini, kemudian extract filenya:

Download link Program Assembly (157kb): (mediafire|4shared|tusfiles)
Kita juga akan memerlukan Command prompt untuk menulis perintah-perintah assembly. Jika sudah memiliki semua aplikasi yang diperlukan, kita akan memulai pembuatan karakter assembly.

Pertama, bukalah aplikasi command prompt, ini bisa dilakukan dengan berbagai cara:
- klik start menu>all programs>accesories>command prompt.
- ketik "cmd" pada kolom search di start menu kemudian tekan enter.
- tekan tombol Windows+R di keyboard, kemudian ketikkan "cmd" lalu enter.



Untuk menjalankan program assembly kita harus memasuki folder assembly menggunakan command prompt. Beberapa fungsi perintah di command prompt antara lain:
"cd [nama folder]" masuk kedalam direktori.
"cd.." keluar dari direktori
"dir"  menampilkan isi direktori.
"C:" atau "D:" memasuki direktori system C: atau D:
"cls" membersihkan layar command prompt.

masuki folder tempat file assembly tadi berada. misalnya file assembly berada di dalam folder "D:\programming\program\Program Assembly", maka langkah yang harus dilakukan adalah seperti di gambar dibawah ini



Setelah memasuki folder assembly di command prompt, ketik "edit" di command prompt lalu tekan enter untuk membuka DOS text editor.



Disinilah kita akan membuat program assembly. untuk mencetak karakter, buatlah teks seperti di bawah ini:




Adapun fungsi dari perintah-perintah diatas adalah:

.model small 
Tanda directive ini digunakan untuk memberitahukan kepada assembler bentuk memory yang digunakan  oleh program kita.

.code            
Tanda directive ini digunakan untuk memberitahukan kepada assembler bahwa kita akan mulai  menggunakan Code Segment-nya disini. Code segment ini digunakan untuk menyimpan program yang nantinya akan dijalankan.

org 100h  
Perintah ini digunakan untuk memberitahukan assembler supaya program pada saat dijalankan(diload ke memory) ditaruh mulai pada offset ke 100h(256) byte.

proses:
Mulai proses assembly.

MOV AH,02h
Nilai servis ntuk mencetak karakter.

MOV DL,'A'
DL = Karakter ASCII yang akan dicetak. Untuk mencetak karakter lain,  huruf A dalam tanda petik bisa diubah menjadi karakter lain, tapi tidak boleh lebih dari satu karakter.

INT 21h
Berfungsi untuk mencetak dan menampilkan karakter di layar.

INT 20h
Interupsi 20h berfungsi untuk mengakhiri program dan menyerahkan kendali sepenuhnya kepada Dos.

END      PROSES
Mengakhiri proses assembly.

Klik menu file dan kemudian save dengan nama apa saja tapi dengan tambahkan akhiran .asm. File saya akan saya beri nama "tes.asm". lalu kembali ke command prompt dengan meng-klik menu file>exit.

Kemudian, compile-lah dengan menggunakan TASM.exe dengan perintah di command prompt:

"TASM tes"

Jika anda telah melakukan hal diatas dengan benar, maka anda akan mendapatkan tulisan seperti ini

Turbo Assembler Version 4.1 Copyright (c) 1988, 1996
Borland International
Assembling file: tes.ASM
Error messages: None
Warning messages: None
Passes: 1
Remaining memory: 419k

Sampai disini sudah dihasilkan suatu file object dari tes.ASM yang siap dijadikan file COM dan EXE. Untuk itu lakukanlah langkah kedua, dengan perintah :

"TLINK tes" kemudian perintah "TLINK/t tes"



Jika anda telah melakukan semuanya dengan benar, maka file telah berhasil diubah menjadi file exe. Untuk mencetak karakter yang telah dibuat, tulis nama file assembly anda dan tekan enter, maka command prompt akan menampilkan karakter yang telah anda buat.



Selamat! Anda telah berhasil mencetak karakter menggunakan program assembly!

Untuk melihat contoh file yang sudah jadi, bisa didownload di-link dibawah ini, jalankan program menggunakan command prompt